Karo Humas Setda NTT Sebut, 3 Abk KM Lambelu Belum Tentu Posetif Covid-19

Kupang, obor-nusantara.com-Tiga Anak Buah Kapal (ABK) KM Lambelu Yang Tengah Bersandar Di Dermaga Lorens Say Maumere, Ternyata Benar Positif Covid-19. Hasil Positif Corona Itu Diperoleh Melalui Hasil Pemeriksaan Rapid Test, Namun Dikian  Hasil Tersebut Belum Tentu Benar Positif Setelah Pemeriksaan Swab Nanti.

Kepada Wartawan Di Biro Humas Setda Ntt, Selasa   Malam, Jurubicara Gugus Fugas Covid-19 Ntt, Dr Jelamu Ardu Marius Menjelaskan, “Setelah Gugus Tugas Covid-19 Berkordinasi Dengan Bupati Sikka, Diperoleh Informasi Bahwa Benar Tiga Abk Km Lambelu Positif Corona Menurut Pemeriksaan Rapid Test.

Meski Demikian  Yang Memastikan Data Positif Virus Corona Yang Dirilis Oleh Pemerintah Pusat Adalah Hasil Dari Pemeriksaan Melalui Swab, Bukan Hasil Rapid Test.

Menurut Marius, Data Positif Dari Rapid Test, Hanyalah Merupakan Tes Awal Sebelum Dilakukan Pemeriksaan Kedua, Yaitu Tes Swab Dengan Metode Vcr.

Dikatakan, Swab Itu Adalah Cairan Dari Pernafasan Bawah,  Setelah Pemeriksaan Swab Ini Baru Bisa Membuktikan Apakah Tiga ABK Itu Benar-Benar Terjangkit Virus Corona Atau Tidak.

Ia Juga Mengatakan, Karena Di Sikka Dan Ntt Belum Ada Laboratorium Pemeriksaan Swab, Maka Sampel Tiga Abk Itu Akan Dikirim Ke Makasar Untuk Diperiksa Di Nanti.

Karena Itu Masyarakat Diharapkan Tidak Mengambil Kesimpulan Sendiri Atas Kasus Tiga Abk Km Lambelu Ini Terkait Informasi Posetif Covid Tersebut.

Menurut Dia, Setelah Berlabu Hampir 24 Jam Di Perairan Teluk Maumere, Km Lambelu Yang Menangkut 233 Penumpang Itu Akhirnya Diijinkan Bersandar Di Pelabuhan Laurens Say Maumere.

Sebelum Bersandar Di Pelabuhan, Para Penumpang Termasuk Apbk  Dilakukan Pemeriksaan Langsung Oleh Tim Medis Diatas Kapal Dan Langsung Dikarantina Atau Diisolasi Di Kota Maumere.

Ia Juga Meminta Masyarakat Untuk Percaya Kepada Tenaga Medis Yang Tahu Prosedur Klinis Dan Medikal Yang Akan Dilakukan.

Seperti Diberitakan, Km Lambelu Yang Berlayar Dari Tarakan Kalimantan Timur memuat 233 penumpang termasuk ABK. Setiba Di Perairan Maumere Kabupaten Sikka, senin 02.30 wita, Kapal Milik Pt Pelni Itu Dilarang Bersandar Di Pelabuhan Lorens Say Maumere.

Petugas Kesehatan Lalu Melakukan Pemeriksaan Terhadap Seluruh Awak Dan Penumpang Dan Diiperoleh Hasil 3 Orang Abk Posetif Covid 19.(WR/NORA).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara