Ternyata Bukan 1 Melainkan 7 orang Positif Covid-19 di Timor Leste Sebelum Ke Dili Berada di Kota Kupang

Kupang, obor-nusantara.com-Hingga Hari ini dilaporkan dari Timor Leste terkonfirmasi 8 orang terpapar Covid-19 dan 7 orang diantaranya sebelum ke Kota Dili, mereka melakukan perjalanan dari Bali Ke kota Kupang menggunakan jasa transportasi udara ke Kupang melalui Bandar Udara El Tari Kupang dan menggunakan mobil angkutan umum jenis travel ke Kota Dili melalui Pintu perbatasan Mota’ain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Setelah Pemeintah Timor Leste secara resmi mengumumkan 8 orang warganya terpapar virus Covid-19 waktu setempat telah terkonfurmasi bahwa dari 8 orang yang terpapar ini 7 orang diantaranya warga Timor Leste yang sebelumya melakukan perjalanan dari Bali ke Timor Leste melalui bandar udara El Tari kupang.
Terkonfirmasi juga bahwa,Sebelum ke 8 orang ini bersama-sama melakukan kunjungan ke sejumlah tempat perbelanjaan di Kota Kupang.
Juru Bicara Covid 19 Gugus Tugas Percepatan penanggulangan Covid 19 yang juga Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT, Dr. Jelamu Ardu Marius, M.Si dalam keterangan Persnya di Ruang Biro Humas Setda NTT pada Rabu, 15/04/2020 di Kupang mengatakan, sebelumnya Pihak Timor Leste Hanya mengumumkan 1 orang yang terinfeksi virus Covid-19 pada selasa (14/04/2020, namun pada hari Rabu terjadi perubahan yakni terkonfirmasi penambahan 6 orang positif sehingga total 8 orang dan 7 orangnya berasal dari daerah zona merah di Indonesia yakni Kota Denpasar dan melalui Kota Kupang Ke Timor Leste.
“jadi bukan hanya 1 orang yang posetif tetapi ada 7 orang yang dinyatakan positif dan meraka sebelum ke Kota Dili berada di kota Kupang selama. Beberapa jam baru lakukan perjalanan ke Dili menggunakan Mobil Travel dan makan di salah satu Rumah makam di Kota Kefa Kabupaten TTU.”Katanya.
Dikatakan, sebagalai langkah pencegahan Pemeintah melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 Provinsi NTT terus menelusuri jejak mereka selama berada di Kota Kupang dan Kota lain di Daearan Timor.
“kita masih lacak jejak perjalanan mereka, karena itu kami menghimbau kepada warga NTT khususnya sopir angkutan yang mengangkut mereka dari bandara dan mengatahui keberadaan mereka d Kota Kupang agar bisa melaporkan diri sehingga bisa di tangani secara medis.” ujarnya.
Sementara itu sesuai dengan data Posko Tim Gugus Tugas Covid -19 Provinsi NTT hingga Rabu (15/04/2020) malam Ini pukul 23:00 WITA tercatat Orang dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawan (PDP) sebanyak 1376 orang, ODP sebanyak 1343 dan 538 orang dinyatakan sembuh sedangkan 804 orang lainnya masih dalam pengawasan.
Selain itu, 724 lainnya menjalani karantina mandiri, 12 orang masih menjalani perawatan di 8 rumah sakit di NTT dan 1 orang meninggal dunia.
Sedangkan untuk Pasien Dalam Perawaran (PDP) 32 orang, rawat 12 orang.(wr/nora)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara