Ditengah Virus Corona, Satker ATAB BWS-NT-2 Kupang Bangun Air Baku Di Pulau Semau

Kupang, obor-nusantara com-Ditengah Pandemi Virus Covid-19 yang tengah melanda Dunia termasuk seantero Indonesia, Pemerintah Pusat Melalui Satker Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Air Tanah dan Air Baku (ATAB) Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (WBWS NT-2) Kupang pada Tahun Anggaran 2020 membangun proyek Air Tanah Untuk Air Baku di Sejumlah Kabupaten dan Kota di Nusa Tenggara Timur termasuk di Pulau Semau Kabupaten Kupang.
Proyek pembangunan dan peningkatan Sarana dan prasarana Air tanah untuk air baku di sejumlah Kabupaten dan Kota di NTT ini sebagai upaya penanggulangan masalah kekurangan air bersih di Daerah-daerah yang hingga kini masih mengalami kekurangan pasokan air bersih.
“proyek air Baku untuk air tanah ini kita lakukan dengan sistem bor setiap tahun dan tersebar dihampir seluruh wilayah NTT dan tahun ini (TA.2020) kita dapat lagi untuk sejumlah Kabupaten dan Kota di NTT”. Kata Kasatker SNVT ATAB, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara 2 (BWS NT2) Ir.Pahlawan Perang MT. Di Kupang pada jumat, 17/04/2020.
Dikatakan untuk di Kabupaten Kupang dialokasikan dana Rp 4,958,280,000 untuk pekerjaan pembangunan/peningkatan Sarana dan Prasarana Air Tanah untuk Air Baku 4 Lokasi di wilayah pulau Semau.
“di Semau kita nanti ada proyek bangun sumur bor 4 lokasi yang tersebar di beberapa desa yang memang sangat kesulitan Air bersih selama ini”. Ujar Pahlawan.
Selain di Kabupaten Kupang lanjut Pahlawan Perang, juga di bangun proyek yang sama di 3 Kabupaten lainnya seperti Kabupaten TTS, TTU, Kota Kupang dan Kabupaten Alor di wilayah kerja Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ATAB 1.
“di PPK ATAB 1 ada 5 Kabupaten dan Kota yang akan di bangun sumur bor tahun ini (2020) dan semuanya kita sudah kontrak pada tanggal 17/04/2020”. Jelas Pahlawan.


Dia juga mengharapkan dalam waktu dekat semua kegiatan di Satker ATAB dapat terkontrak semua sehingga kegiatan yang tidak masuk dalam daftar rasionalisasi anggaran akibat covid-19 dapat dilaksanakan.
“kita harapkan semua kegiatan yang ada di Satker ini segera terkontrak, karena waktu semakin singkat”.

Untuk diketahui, pada tahun Anggaran 2020 ini,  Satker ATAB Balai Wilayah Sungai  Nusa Tenggara 2 mendapat 11 paket proyek peningkatan air Tanah untuk air Baku bagi sejumlah kabupaten dan kota di NTT,  namun hingga bulan April ini baru 6 paketproyek yang terkontrak dengan total  Niilai Rp  24  milyar lebih,  sementara lainnya masih dalam proses administrasi tender.(we/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara