Alat Tes Covid-19 Tiba Di Kupang, RSU WZ. Johanes Segera Tes Swab

Kupang, obor-nusantara.com-Peralatan pendukung Laboratorium yang telah dibangun di Rumah Sakit Umum WZ. Johanes Kupang telah tiba dan segera dioperasikan. Peralatan Pereaksi kimia atau reaktan atau reagen untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) itu tiba di Kupang, pada Selasa (05/05/2020) sekitar pukul 09.00 Wita menggunakan penerbangan dari Surabaya.

Setelah tiba melalui bandara El tari Kupang,  peralatan laboratorium ini langsung disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan NTT drg. Dominikus Minggu Mere didampingi ahli Patologi Klinik RSUD WZ Johannes Kupang dr. Hermi Indita Malewa, Sp.PK selaku kepala ruang laboratorium.

Seperti dilansir media Victorynews.com, Kepala Dinas Kesehatan NTT,  drg. Dominikus menjelaskan reagen dan peralatan lain yang baru tiba ini sesuai dengan spesifikasi PCR yang ada di RSUD WZ Johannes Kupang atau Real Time PCR Abort.

“ini sudah tiba 8 koli reagent terdiri dari 5 ml reaction vesel sebanyak 192 tube, 200 ml reagent vesel sebanyak 4 pack, DiTi 200 ml with filter sebanyak 1 tray, 96 deep well plate 2 pack, DiTi 1.000 ml with filter 10 Tray, master mix tube sebanyak 4 tube, optical reaction plate sebanyak 4 plate, adhesiver cover sebanyak 4 sheet,” jelasnya.

Dijelaskan,  berdasarkan koordinasi antara Gubernur dan Wakil Gubernur NTT maka peralatan PCR-TCM tiba dari Surabaya yang dibawa sendiri oleh Kepala Balai POM Surabaya dan akan diserahterimakan di Kantor Gubernur NTT.

“Masyarakat NTT juga perlu tahu reagen untuk PCR-TCM dari Surabaya itu, sudah tiba sejak minggu lalu di RSUD WZ Johannes Kupang. Dua alat PCR ini akan saling melengkapi sehingga mempercepat proses pemeriksaan Swab di seluruh NTT,” jelasnya.

Dia juga berharap, sampel Swab yang sudah dikirim dari Dinkes Kabupaten/kota di NTT akan segera diperiksa pada hati kamis nanti di RSUD WZ Johannes Kupang.
Karena, saat ini selurub peserta Itjima Ulama Asia klaster Gowa menyebar di seluruh NTT maka pemeriksaan segera cepat dan diperluas yang akan dipusatkan di beberapa RSUD kabupaten antara lain, RSUD Komodo Labuhan Bajo, RSUD TC Hilres Maumere, RSUD Ende, RSUD Umburarameha Waingapu, dan RSUD Gabriel Manek Atambua.

Ditambahkan, Dalam waktu dekat teknisi TCM akan datang ke Kupang untuk membawa serta catridge reagen karena alat tersebut sebenarnya sudah ada di NTT yang lazimnya disebut TCM GENEXPERT sebagai alat diagnostig TBC. Dengan alat ini dinkes maupun masyarakat akan cepat mengetahui berapa sebenarnya yang positif Covid-19 sehingga pelacakan nuga cepat dilakukan juga.

Sementara dr. Hermi Indita Malewa, Sp.PK selaku kepala ruang laboratorium RSUD WZ Johannes Kupang menjelaskan
dengan adanya 5 catridge reagen hari ini, maka PCR RSUD WZ Johannes Kupang dapat memeriksa 300 sampel Swab yang sudah dikirim dari sejumlah kabupaten dan Kota Kupang.

Ditegaskan, 5 catridge reagen ini baru awal dan akan terus berlanjut karena surat permintaan sudah dikirim ke Kemenkes juga untuk pengiriman reagen selanjutnya.

“Kamis, 7 Mei 2020 ini sudah mulai dilakukan pemeriksaan sampel Swab yang sudah menumpuk di RSUD WZ Johannes Kupang. Tetapi, pemeriksaan sampel Swab di RUSD kabupaten yang disebutkan di atas dengan menggunakan TCM GENEXPER untuk TBC juga akan langsung diketahui.  Namun, hasilnya harus dilaporkan ke Dinkes NTT baru disamoaikan ke Kemenkes karena koordinasi dan SOPnya seperti itu,” jelasnya. (wr/victorybews.com)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara