300 juta Dana Desa Oebelo Di Kabupaten Kupang dianggarkan untuk BLT 180 KK

Oelamasi,obor-nusantara.com
Ditengah Pandemi corona, Pemerintah Desa Oebelo mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 300 Juta untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat desa Oebelo.

Bantuan ini sebagai tindak lanjut instruksi kementerian Desa guna membantu kesulitan warga di desa akibat dampak dari corona virus.

“Tahun ini kita anggarkan Rp. 300 juta untuk bantuan langsung Tunai kepada 180 kk warga desa”Ungkap Sekretaris Desa Oebelo, Isak Zet Tode dikantor Desa,Selasa,5 Mei 2020.

BLT diperuntukkan bagi warga yang tidak terdaftar pada bantuan sosial program Keluarga Harapan(PKH) yang berjumlah 188 Kepala Keluarga.Sedangkan warga yang mendapatkan Beras sejahtera atau rastra sebanyak 216 KK rata-rata sebagai penerima PKH.

Dikatakannya,Total Kepala keluarga di desa Oebelo berjumlah 1147 KK.

“Kita sudah mendata secara keseluruhan ada  675 KK yang berhak mendapatkan Bantuan Langsung tunai (BLT) dari total 1147 KK.180 kk kita anggarkan dari dana desa sedangkan sisanya 495 kk kita sudah usulkan ke dinas Sosial Kabupaten Kupang”ucap Isak Tode.

Mekanisme penyaluran menurut Sekdes akan bekerja sama dengan pihak bank untuk dibagikan langsung melalui rekening penerima sebesar Rp. 600.000 per kepala keluarga selama 3 bulan berturut turut.Yakni bulan April, Mei dan Juni.

Tode memastikan dalam bulan Mei ini sudah bisa disalurkan mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau apbdes Oebelo tahun ini sudah selesai asistensi dan sudah diposting.Tinggal menunggu penetapan.

Sedangkan warga desa yang tidak terdata sebagai penerima bantuan langsung tunai selama corona virus, yakni perangkat Desa termasuk Kades,Pegawai Negeri sipil,Pensiunan serta TNI/POLRI.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara