Badan Keuangan Siap Eksekusi Anggaran Covid-19 di NTT

Kupang, Obor-nudantara.com-Bandan Keuangan Daerah (BKD) Nusa Tenggara Timur (NTT) siap mengeksekusi setiap usulan Anggaran penanganan Covid-19 jika diusulkan oleh Kuasa pengguna Anggaran dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terlibat langsung dalam penanganan Covid-19 di NTT.
Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) terus mendukung seluruh kegiatan penanganan Covid-19 yang dilakukan baik langsung maupun tidak langsung oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 yang terdiri dari sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang masuk dalam tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19.
“Kita selalu siap untuk proses setiap usulan anggaran yang diusulkan oleh SKPD yang ikut menangani Covid-19 di NTT dan itu menjadi pekerjaan pertama yang harus dikerjakan jika usulan sudah masuk ke Badan Keuangan.” jelas Kepala BKD NTT Zakarias Moruk saat didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Jelamu saat jumpa media di Ruang Biro Humas Setda NTT pada sabu, 09/05/2020.
Menurutnya, sejumlah Dinas Teknis yang ikut dalam penanganan Covid-19 di NTT yakni Dinas Kesehatan, Badan Perbatasan,  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Biro Humas Sekda Provinsi NTT,  dan SatPol PP termasuk dinas teknis lain yang masuk dalam Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 NTT.

Lebih jauh Mantan Kepala satu pintu Perijinan Provinsi NTT ini menjelaskan, alokasi Dana Tak terduga yang setiap tahunnya hanya Rp 5.milyar, tahun ini naik hingga Rp 300 milyar atau sekitar 1500 persen dari sebelumnya.
“Tahun ini merupakan tahun sejarah dalam APBD NTT, pada alokasi dana belanja Tak terduga yang biasanya hanya Rp 5 milyar kini naik sampe angka Rp 390 milyar, dana itu untuk kepentingan penanganan Covid-19 NTT. ” ujarnya.
Terkait Dana Alokasi Umum (DAU) yang terancam dipotong hingga 35 persen menurut Zakarias Moruk, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan telah terkonfirmasi bahwa, sudah membatalkan keputusan tersebut.
Sementara itu, Juru biaca Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Provinsi NTT Marius Jehalu yang juga Kepala Biro Humas Setda NTT mengatakan, saat ini di NTT telah terkonfirmasi sudah 13 orang dinyatakan positif Covid-19.
“di NTT saat ini sudah terkonfirmasi 13 orang positif dan 1 orang sudah dinyatakan sembuh dan sudah kembali ke rumah untuk jalani Karantina mandiri. “katanya.
Karena itu masyarakat NTT terus dihimbau agar tetatp mengikuti protokol kesehatan yang telah diberlakukan Pemerintah baik pusat maupun daerah.(wr/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara