Rusak Berat, Jalur Sabuk Merah di Malaka Terancam Putus

Foto : Kondisi ruas jalan Sabuk merah yang rusak parah dan nyaris putus (doc. DianTimur)

MALAKA-obor-nusantara.com- Kondisi ruas jalan sabuk merah perbatasan RI-RDTL di Dusun Tali Uan, Desa Kota Biru, Kabupaten Malaka, NTT sungguh memprihatinkan.
Jalan yang baru dibangun beberapa tahun lalu ini sudah rusak berat dan kini terancam putus akibat terkikis air saat musim hujan.
Saat ini jalan yang menghubungkan kabupaten Belu-Timor Leste itu rusak parah dan nyaris putus akibat longsor sejak 2019 lalu.  
Camat Kobalima Timur, Wens Leki mengaku sudah melaporkan ke Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang terkait kondisi jalan sabuk merah untuk segera ditangani.
“Jalan sabuk merah ini adalah satu-satunya akses yang dimiliki warga, tidak ada jalan alternatif lainnya yang dilalui warga ke wilayah itu,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (9/5/2020). seperti dikutip dari dinat timur. Com.


Dijatakan, Beberapa titik ruas jalan yang rusak parah yakni di wilayah desa Alas Kota Biru dan Alas Utara.
“Hampir semua titik jalan sabuk merah dari Alas Kota Biru sampai batas Belu 90% rusak parah,” katanya.
Efek dari kerusakan ini, menurut dia, karena tidak adanya penahan tebing, yang menyebabkan badan jalan tertimbun material longsor.
Ia berharap Pemerintah Pusat melalui Balai Jalan pelaksanaan Nasional X Kupang segera memperbaiki agar akses transportasi warga ke daerah itu tidak terganggu.
Sementara itu, pihak Balai Pelaksanaan jalan nasional X kupang belum bisa dapat ditemui(wr/diantimur.com).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara