Warga Keluhkan Bau Limbah Pabrik Tahu di Oebufu, BLH, Pol PP Kota Kupang dan Lurah Tinjau Lokasi

Kupang, obor-Limbah olahan Tahu di RT/7 RW/21 Kelurahan Oebufu, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang selama ini di buang ke salah satu sungai kering (kali mati) disekitar Lokasi mengeluarkan bau tak sedap sehingga membuat  warga sekitar lokasi tidak merasa nyaman.
Selain air kali yang tidak lagi mengalir, limbah tahu itu tertahan sampah masyarakat yang dibuang ke kali, meski terus dihimbau agar tidak menjadikan lokasi itu sebagai tempat buang sampah.


Karena mengeluarkan bau tak sedap, warga sekitar lokasi melaporkan masalah ini ke Pemerintah Kota kupang melalui media sosial. Atas laporan tersebut Pemerintah Kota Kupang melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Kupang bersama, Satpol PP, Camat Oebobo dan Lurah Oebufu serta Kayu Putih mendatangi lokasi tersebut.
Kedatangan para Pejabat Kota Kupang itu langsung meninjau limbah Olahan Tahu yang dibuang melaluin  saluran pipa ke sungai kering (kali mati) yang tidak jauh dari loksi itu.


Menurut salah seorang warga Rt/04/Rw/21 kelurahan Oebufu Hans, saat meninjau langsung Lokasi Pabrik Tahu, pemerintah melalui Badan Lingkungan Hidup Daerah Kota Kupang langsung meminta pemilik pabrik olahan tahu itu agar membuat lubang penampung agar limbah yang dihasilkan dari hasil olahan pabrik tahu dapat ditampung bukan dialiri ke keluar.
“tadi petugas dari Kota datang ke Lokasi pak, mereka minta pemilik tahu supaya buat lubang penampung supaya tambung limbah jangan buang ke kali.” katanya.
Usai meninjau lokasi itu, tim langsung
Kembali dan berjanji akan kembali lagi untuk memastikan apa yang telah disampaikan kepada pemilik terkait limbah di daerah itu. (wr/nora).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara