Bupati Kupang Pastikan 36 Ribu Kepala Keluarga Dapat Bantuan Tunai

Oelamasi,obor-nusantara.com
Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno memastikan 36 ribu kepala keluarga miskin dikabupaten kupang mendapatkan bantuan tunai selama 3 bulan di masa pandemi corona.

Bantuan tunai kepada masyarakat tersebut disebut Masneno bersumber dari Kementerian Sosial melalui Bantuan Sosial Tunai (BST)  dan Bantuan Langsung Tunai (BLT)  yang bersumber dari dana desa.

“Saya pastikan sekitar 50 persen keluarga miskin di kabupaten Kupang mendapatkan bantuan tunai.Dari BST sekitar 20 ribu KK dan 16 ribu dari dana Desa.Seluruhnya sekitar 36 ribu kepala keluarga yang dapat bantuan tunai”Ungkap Masneno pada acara launching penyaluran bst di Kantor Camat Kupang Timur,Rabu,20 Mei 2020.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kupang,Yohanis Masneno mengatakan ada beberapa jenis bantuan yang disalurkan oleh dinas sosial selama ini.

“Bagi masyarakat yang menerima bantuan dari kementerian sosial namanya Bantuan sosial tunai. Alokasi BST untuk kabupaten sebanyak 20.241 KK.Yang kita usulkan sekitar 22.000 Kk,namun data yang kita kirim tidak diakomidir semua”Jelasnya usai mengikuti launching pembagian BST.

Kadis melanjutkan bahwa BST yang diterima ada 19.403 kk.Sedangkan yang sudah ditetapkan baik melalui BRI atau PT. Pos Indonesia sebanyak 17.831 KK yang siap untuk menerima bantuan tunai per kk Rp.600.000 selama 3 bulan.

“Proses pembayaran melalui BRI, BNI dan PT POS indonesia secara bertahap untuk bulan April,Mei dan Juni sesuai dana yang sudah masuk”Kata Anis.

Dirinya juga menyampaikan bahwa pendamping sosial terus menyiapkan data sehingga disaat portal bantuan sosial tunai dari kementerian sosial dibuka lagi maka data sudah siap.

Hingga saat ini ada beberapa jenis bantuan yang ditangani oleh Dinas sosial.Diantaranya bantuan reguler seperti PKH sekitar 24.000 lebih kepala keluarga dikabupaten Kupang yang terdaftar sebagai penerima, Bantuan sembako sekitar 31 ribu lebih penerima dan ketika ada covid ada BST sebagai dampak covid.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara