Warga Pertanyakan Sistem Pembagian BLT ADD di Malaka

Malaka, obornusantara.com- Dianggap kurang transparan, masyarakat Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tidak mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) memoertanyakan transparasi dari sistem pembagian bantuan yang bersumber dari Dana Desa (DD) yang ternyata belum Menyentuh warga sekitar yang kurang mampu.
Menurut salah seorang warga Desa Umatoos, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka Hubertus Klau, data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana Desa sama sekali tidak dibdrikan secara transparan keada masyarakat.
Hal ini menurutnya, masyarakat sangat sulit untuk memperoleh data penerima BLT di Desa tersebut.
“saya, tanya data katanya sudah ada dan sudah diusul ke Pak Penjabat Desa, tetapi saat saya meminta data-data penerima BLT Yang bersumber dari dana Desa (DD) siapa saja yang dapat dan tolong jelaskan kepada masyarakat, tetapi tidak diberikan” ujarnya pada Rabu, 27/5/20 saat mengikuti pembagian BLT Dana Desa.
Dikatakan, saat dirinya meminta agar pemerintah Desa menjelaskan siapa saja penerima dana BLT di Desa Umatoos sebesar RP 600,000 itupun tidak diindahkan.
“saya ingin tahu jumlah penerima BLT dan siapa saja penerimanya, tapi kalau dalam jangka waktu beberapa hari ini tidak ada kabar, maka saya bersama masyarakat datang langsung ke kantor desa untuk meminta penjelasan secara resmi.” jelasnya.
Saat dipantau wartawan obornusantara.com, di ketahui di lingkungan Dusun Umatoos B, masih ada masyarakat miskin yang belum mendapatkan bantuan dari pemerintah, padahal salah satu masyarakat tersebut dalam keadaan hidup dibawah gatis kemiskinan dan rumahnya sudah rusak dari sejak tahun 2015 hingga sampai saat ini belum menerima bantuan apa-apa.
Pada hal sasaran utama dari dana BLT Desa adalah diperuntukan khusus bagi mereka yang belum menerima bantuan dari tahun ke tahun baik bantuan Sosial Tunai maupun bantuan sosial lainnya.. (Wr/Arro Bria).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara