Sukses Salurkan BLT tahap Pertama Kepada 129 KK, Begini Pola  Kades Manusak

Oelamasi,obor-nusantara.com
Pemerintah Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur kabupaten Kupang Propinsi NTT sukses menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari Anggaran  Dana Desa senilai Rp. 600.000 per kepala keluarga kepada 129 KK miskin.

Dengan Anggaran BLT dana desa yang dialokasikan pada tahap pertama sekitar Rp. 77.400.000.Sehingga total anggaran untuk 3 bulan sekitar Rp. 232.200.000.

Disaksikan media ini Bertempat dikantor Desa Manusak pada Rabu,3 Juni 2020 pembagian BLT berlangsung lancar dan aman yang disaksikan langsung oleh Pendamping Desa,Plt. Camat Kupang Timur,Danramil,Polsek Kupang Timur.

Kepada media ini, kepala Desa Manusak Artur Ximenes menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut ambil bagian dalam menyukseskan pembagian BLT kepada warga prasejahtera didesanya.

“Sebagai Kepala Desa saya ucapkan terima kasih banyak kepada Pihak Kecamatan,Danramil dan kepolisian dari polsek Kupang Timur yang sudah ikut mengawal pembagian BLT tahap pertama hari ini, sehingga dapat berjalan lancar dan aman”Ujar Artur.

Ia juga menjelaskan bahwa pola yang diterapkan agar tidak terjadi polemik dimasyarakat,penentuan warga penerima bantuan dana desa dituangkan melalui surat keputusan sesuai hasil musyawarah bersama semua unsur yang ada didesa.

Kades juga menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan pembagian BLT telah dibuat satu kesepakatan bersama semua elemen masyarakat yang dituangkan dalam sebuah pernyataan agar secara bersama sama ikut menyukseskan penyaluran BLT.

Selain itu, pemerintah desa manusak juga sebelumnya melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait beberapa jenis bantuan sosial akibat dampak pandemi corona. Hal ini menurutnya penting sehingga masyarakat paham dan mengerti bantuan bersumber darimana saja dan diperuntukkan bagi masyarakat yang mana.

Dikatakannya juga Selain BLT, di Desa manusak sendiri ada 135 kepala keluarga yang tercatat sebagai penerima bantuan langsung sosial dari kementerian sosial.

Artur juga mengatakan bahwa aparat desa masih mendata ulang warga yang berhak menerima bantuan untuk diusulkan kepada Dinas Sosial Kabupaten Kupang.Totalnya sekitar 75 Kepala keluarga.

Sementara ketua BPD Manusak Apoli Nario Fereira mengatakan kebijakan dalam penetapan penerima bantuan merupakan kebijakan bersama atas dasar musyawarah mufakat semua unsur yang ada di Desa.

“Kita terus bangun komunikasi dan koordinasi secara bersama sama untuk membantu masyarakat di desa manusak.Kita bersyukur hari ini pembagian BLT berjalan dengan baik dan tidak ada persoalan sebagai bukti hasil koordinasi yang baik dari semua elemen didesa”katanya.(kenzo)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara