Sekretaris Desa Weulun Diduga ‘Sunat’ Dana ADD

MALAKA, Obornusantara.Com – Sekretaris Desa Weulun, Kecamatan Wewiku, Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), diduga “sunat” Anggaran Dana Desa (ADD) tahap 3, tahun anggaran 2019.
Indikasi tersebut memguak setelah pembagian Upah/gaji oleh sekretaris Desa (SekDes) dan Bendahara Desa weulun yang berujung pada keributan lantaran Tim Pengelola Kegiatan (TPK) merasa Pemerintah Desa tidak adil dalam pembagian Upah/gaji.
Yerilius Nahak ketua TPK kepada wartawan pada jumat, 12/06/2020 mengatakan, kejadian ini bermula ketika Sekretaris Desa Weulun memanggil Ketua TPK dirinya dan salah satu anggota TPK, Wilfridus Primus Nahak, Untuk menandatangani Berkas sebagai pelengkap administrasi untuk pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap 3, tahun 2019 sekalian dengan Upah/Gaji TPK.
Namun setelah mereka mendatangi Kantor Desa untuk menerima gaji, ternyata tidak ada tanggapan dari sang sekretaris desa.
“Iya, Kami datang untuk meminta Upah/gaji kami yang masih tertunda beberapa bulan ini, kami juga datang untuk meminta sesuai pernyataan sekretaris Desa (SekDes) Weulun, bahwa Pencairan dana ADD sekalian dengan Upah/gaji kami untuk dibagikan ke seluruh aparat Desa sekalian untuk TPK” Ungkap Yeri
Namun Setelah komunikasi dengan Sekretaris Desa Weulun, Vinsensius Leki bersama Bendahara Desa weulun, diketahui ternyata Uangnya sudah di cairkan dan uang ada di nomor rekening Desa, tetapi belum bisa dibagi, dengan alasan masih tunggu Tim Audit untuk cek Program di desa, sekalian dievaluasi.
Sesuai prinsip umum pengelolaan keuangan desa terdapat tiga aspek yakni transparansi, partisipasi dan akuntabilitas yang seharusnya menjadi landasan pijak para pengelola keuangan di tingkat desa.
Harapan mereka, pemerintah Desa yakni SekDes harus adil dan transparan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama bukan menjadikan mereka sebagai sapi perah, yang mana tidak makanpun tidak minta, hingga merekapun melakukan sesuka hati alias “sang penguasa”. (Wr/Arro Bria)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara