Riwu Kaho: Gerakan Kupang Hijau Melalui Tanam Pohon dan Jebakan Air Untuk

Kupang, obor-nusantara.com- Kota Kupang sebagai Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur, dinilai harus memiliki daya tarik tersendiri agar masyarakat dapat mengais rejeki dari daya tarik tersebut. Untuk itu, diperlukan upaya nyata dalam menciptakan Kota Kupang sebagai Kota Layak Huni dan Ramah Lingkungan.

Agar harapan diatas bisa terwujud, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur (Bank NTT), Aleks Riwu Kaho yang juga selaku Koordinator Gerakan Kupang Hijau, mengatakan bahwa ada Tiga program yang sementara terus dilaksanakan, yakni pembuatan jebakan air, tanam pohon dan bebas sampah plastik.

”Saat ini sudah ada dua program yang sudah dilakukan di Alak Penkase yaitu Tanam pohon dan jebakan air,” ungkapnya dalam keterangan pers di Aula Rapat Garuda Balai Kota Kupang, Jumat (10/07/2020).

Menurutnya, dalam program Gerakan Kupang Hijau ini, tidak menggunakan uang Negara. Semuanya merupakan hasil pemberdayaan semua potensi.

“Jadi ada 60 lembaga keuangan dari 125 yang sudah menyatakan komitmennya. Mereka ikut berpartisipasi, sehingga dana yang terkumpul sudah mencapai 352 juta rupiah,” terangnya.

Sementara Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan, Tim Kupang Hijau sudah dibentuk untuk membantu menangani persoalan lingkungan di Kota Kupang. Dan untuk pemeliharaan tanaman, sudah disiapkan Tiga mobil tanki untuk menyiram pohon. (FHN/WR)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara