Pelangi Nusantara Ende Sebagai Event Promosi Pariwisata di NTT

Ende, Obornusantara.com-Pagrlaran Event Pelangi Nusantara yang dipusatkan di Kota Ende, Flores,  Nusa Tenggara Timur (NTT) segera menghibur masyarakat Kabupaten Ende. Event milik TNI Angkatan Udara tersebut, direncanakan akan dimulai pada tanggal 12 Agustus 2020. Sebelum acara puncak, rombongan dari TNI AU akan tiba di Ende tanggal 10 Agustus, lalu melakukan gladi pada hari berikutnya.

Dikatakan Kepala Staf Komando Garnisun Tetap 2 Bandung, Marsekal Pertama TNI AU, Embu Agapitus yang juga putra Kecamatan Nangaroro (6/8/20), berkomitmen pelaksanaan tersebut telah dibuktikan dengan pendaratan perdana pesawat Hercules di Ende.

“Kita sudah lihat kemarin, bapak KSAU mengirimkan kejutan atau hadiah kepada masyarakat NTT, khususnya Ende, dengan pendaratan perdana Hercules long body.” Lanjut Marsma Embu Agapitus, itu merupakan bukti keseriusan TNI AU menyukseskan Pelangi Nusantara.D

Diwawancarai di Kantor Bupati Ende, Marsma Embu Agapitus mengatakan, pelaksanaan Pelangi Nusantara guna membantu Pemda Ende dalam promosi pariwisata. Diluar itu, terdapat pula beberapa misi penting.

“Yang pertama, adalah bantuan kemanusian,” jelasnya. Terkait misi ini tahap persiapan sudah mulai dilakukan. Salah satunya, logistik bantuan diterbangkan ke Ende menggunakan pesawat Hercules. “Kita bawa masker yang akan dibagikan kepada masyarakat, kita bawa APD, kita bawa alat olahraga, kita bawa seragam sekolah, dan lain-lain.”

Misi kedua adalah penegakkan protokol kesehatan. Dalam misi ini, TNI AU akan membagikan bantuan alat kesehatan dan sosialisasi.

Mengenai bagaimana sosialisasi dilakukan, caranya terbilang unik. Berkampanye di udara. TNI AU, akan menerbangkan Paramotor di wilayah udara Kota Ende dengan membawa banner bertuliskan, patuhi protokol kesehatan.

“Misi ketiga, kita sosialisasi cinta tanah air. Bela Negara,” kata Marsma Embu Agapitus. Selaku Penasehat dan Koordinator Putra Daerah event Pelangi Nusantara, dikatakannya, TNI AU akan menggandeng sejumlah ormas kepemudaan dalam proses sosialisasi.

Untuk diketahui, saat pelaksanaan nantinya warga Kota Ende akan dihibur oleh atraksi kedirgantaraan. Paralayang, Paramotor, dan aeromodeling, diantaranya.(Wr/RN)

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara