Tindaklanjuti Laporan ADD Kauniki, Kajari Oelamasi Minta Inspektorat Lakukan Audit Investigasi

Kupang, obor-nusantara.com-Untuk mengungkap dugaan Penyelewengan Anggaran Dana Desa (ADD) Kauniki selama beberapa Tahun Anggaran yang dilaporkan oleh sejumlah Tokoh masyarakat pada Bulan Juli Lalu, Kepala Kejaksaan Negeri Oelamasi, Nusa Tenggara Timu (NTT) secara Khusus telah meminta Inspektorat Kabupaten Kupang untuk segera melakukan audit Investigasi Terhadap laporan yang disampaikan masyarakat tersebut.
“untuk pemeriksaan Dana Desa Kauniki kami telah menerima surat Resmi dari Kepala Kejaksaan Negeri Oelamasi untuk meminta Inspektorat segera lakukan audit investigasi terhadap pengelolaan Dana Desa di 6 Desa dan Desa Kauniki Kecamatan Takari adalah yang paling pertama. Jadi dari inspektorat sudah membentuk tim dan tim itu baru dibentuk pada beberapa hari lalu dalam rapat bersama hari Rabu, 14/10/2020 kemarin.”Jelas Kepala Seksi Pelaporan dan Evaluasi Inspektorat Kabupaten Kupang, Fransiskus S. Tukan. SE. MM atau yabg biasa disapa Iwan, saat dihubungi media ini melalui saluran Telepon pada Jumat, 16/10/2020.
Menurutnya, pembentukan tim untuk sejumlah desa yang telah dilaporkan penggunaan dana desanya oleh masyarakat dan lembaga lainnya telah dibentuk dan tinggal melaksanakan tugas saja.
“tim kita sudah bentuk ada 16 laporan yang masuk dari jumlah itu ada 6 Desa yang diminta khusus oleh KePala Kejaksaan Negeri Oelamasi untuk segera dilakukan audit investigasi jadi kami sudah tangani satu persatu termasuk Desa Kauniki. “katanya.
Dijelaskan, kendala yang dihadapi dalam menugaskan tim audit di Inspektorat adalah jumlah personil yang terbatas, sementara jumlah kasus laporan dugaan penyalahgunaan dana desa yang masuk cukup banyak.
“tenaga kami juga menjadi saksi ahli di pengadilan sehingga Mereka tidak bisa bekerja maksimal apalagi untuk masuk tim, ini yang menjadi salah satu kendala kami”.ujarnya.
Meski demikian Menurut Iwan, dirinya memastikan untuk Tim Desa Kauniki surat Tugasnya segera ada ada dan bisa dimulai audit investigasinya.
“saya pastikan untuk Desa Kauniki segera tim bekerja, karena itu diminta langsung melalui surat resmi dari Ibu Kajari Oelamasi dan kita sudah tindaklanjuti dengan membentuk tim”. Papar Iwan.
Pembentukan tim untuk Desa Kauniki sendiri menurut Iwan, telah dibentuk dalam rapat bersama pada hari rabu, 14/10/2020 kemarin dan hanya menunggu surat Tugas.
“tim itu sudah ada tinggal surat tugas saja, karena kami baru saja rapat kemarin (hari rabu-red) jadi nanti saya cek surat Tugasnya baru saya informasikan lagi.”tegas Iwan.
Sebelumny diberitakan, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe telah berkunjung ke Desa Kauniki dan menemukan sejumlah kejanggalan dalam pengelolaan dana desa.
Dalam kunjungan tersebut, Wabup Kupang didampingi oleh sejumlah pejabat termasuk dari Inspektorat Kabupaten Kupang.
Thom Polin mewakili kepala Inspektorat menyatakan untuk masalah desa Kauniki banyak yang tidak benar. “Kami telah membuat tim untuk pemeriksaan karena data-data yang didapat banyak yang tidak valid dan data-data tersebut akan diberikan ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut”, ungkap Thom.(wr/ipong).

Terima Kasih Tetap bersama kami di Media Obor Nusantara