Dekatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Kabupaten Kupang,PN Oelamasi Lounching Inovasi CoCo

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com
Upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,Pengadilan Negeri (PN) Oelamasi Launching inovasi CoCo pada Kelurahan/Desa se Kabupaten Kupang, Senin (16/11) di Aula Kantor Camat Kupang Timur.

Inovasi Pojok Pengadilan atau Court Corner (CoCo) merupakan inovasi yang diterapkan PN Oelamasi guna semakin mendekatkan pelayanan bagi seluruh masyarakat pencari keadilan diwilayah Kabupaten Kupang.

Ketua PN Oelamasi melalui Wakil Ketua I Made A. Nugraha, SH, MH mengatakan bertepatan dengan Pandemi covid 19 saat ini maka diperlukan inovasi baru dalam mendekatkan pelayanan bagi para pencari keadilan diseluruh wilayah.

Inovasi CoCo memudahkan masyarakat memperoleh layanan peradilan yang semakin lebih cepat, murah dan mudah untuk diakses oleh masyarakat.

Terobosan ini sebagai tindak lanjut dari aksi perubahan yang dilakukan oleh Sekretaris PN Oelamasi, Marthen Dima, sebagai salah satu peserta Diklat PKA Tahun 2020 di Pusdiklat Mempin Mahkamah Agung RI untuk menghasilkan produk inovasi sebagai pemimpin transformasional.

Dimana dengan melakukan transformasi layanan peradilan melalui inovasi yang dapat memudahkan serta bermanfaat luas baik bagi internal pengadilan maupun bagi pihak eksternal yaitu pemerintah dan masyarakat pencari keadilan.

Sehingga kolaborasi layanan manual dan digital seperti eraterang, e-court, SIPP, Siwas, website pengadilan, Posbakum, biaya perkara, e-gesit dapat diakses secara mudah melalui satu pintu masuk yaitu Sistem Informasi PN Oelamasi (SIMPONI).

Sebagai langkah awal pilot project Inovasi Pojok Pengadilan/Court Corner (CoCo) hadir di 5 (lima) lokasi, yaitu Kecamatan Kupang Timur, Kecamatan Kupang Barat, Keluruhan baubau, Keluruhan Oenesu dan Keluruhan Batakte.

Semuanya dilengkapi dengan sarana pegolah data, banner dan brosur, maka masyarakat dapat memperoleh informasi dan mengurus keperluanya di pengadilan dengan semakin mudah dan terjangkau serta berbiaya murah.

“Kami sangat senang dengan adanya Pojok Pengadilan di Kelurahan Oenesu, karena sekarang layanan PN Oelamasi tidak jauh lagi hanya melalui kantor Lurah sudah dapat terlayanai,”Ujar Femy seorang staf kelurahan Oenesu.

Penerapan inovasi tersebut mendapat dukungan Pemerintah kabupaten Kupang, khususnya Para Camat dan Lurah.Sinergitas ini dibangun sehingga kedepannya semua instansi dapat berkolaborasi dengan membentuk suatu layanan terpadu seperti mal atau kantor pelayanan public dapat terwujud di Kabupaten Kupang.

Launching Inovasi Pojok Pengadilan/Court Corner (CoCo) Pengadilan Negeri Oelamasi” dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, I Made A. Nugraha, SH.,MH. Dan dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kupang, Anggota DPRD Kabupaten Kupang, seluruh Camat dan Lurah serta staf yang berada pada Rayon 1 Kabupaten Kupang dan juga ASN dari Pengadilan Negeri Oelamasi.(Humas PN/kenzo)