IRDA Kabupaten Kupang Segera Turun Periksa ADD Kauniki

oleh

Kupang, obor-nusantara.com-Guna menindaklanjuti laporan Masyarakat Desa Kauniki terkait penggunaan Dana Desa selama tahun 2017 dan 2018 yang diduga diselewengkan oleh Kepala Desa Kauniki dan staf, Tim Inspektorat Daerah (IRDA) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timu (NTT) dalam waktu dekat akan turun langsung ke Desa Kauniki untuk melakuian audit investigasi dan klarivikasi langsung di lapangan.
“kita sudah bentuk tim audit dan tinggal turun ke Desa Kauniki untuk lakukan pemeriksaan dan klarifikasi lapangan”.Jelas Kepala Seksi Pelaporan dan Evaluasi sekalugus Ketua Tim investigasi dari Inspektorat Daerah Kabupaten Kupang, Fransiskus S. Tukan. SE. MM atau yang biasa disapa Iwan, saat dihubungi media ini melalui saluran Telepon pada senin, 16/11/2020.
Menurutnya, tim Ivestigasi dari IRDA Kabupaten Kupang telah dibentuk pada beberapa minggu lalu dan kini tinggal turun lapangan untuk lakukan pemeriksaa di Desa Kauniki terkait laporan masyarakat.
“tim kita baru bentuk pada beberapa waktu lalu dan saat ini tim tengah lakukan persiapan data untuk dibawa ke lapangan nanti”.katanya.
Dijelaskan, tim ini harusnya telah turun ke Desa Kauniki namun masih mengikuti Sidang Dewan untuk anggaran 2021, sehingga masih ditunda untuk ke lapangan.
“kita masih ikut sidang Dewan untuk Pembahasan Anggaran 2021 jadi saya pastikan tim baru bisa ke lokasi Desa Kauniki pada minggu-minggu mendatang atau pada awal Desember nanti.” jelas Iwan.
Iwan memastikan, hasil dari tim audit investigasi yang dibentuk ini nantinya akan dilaporkan ke Kejaksaan Negeri Oelamasi sesuai permintaan Kepala Kejaksaan Negeri Oelamasi kepada Inspektorat Daerah.
“Laporan Masyarakat Desa Kauniki itu mendapat perhatian khusus dari Kejari Oelamasi termasuk Desa lainnya yang juga dilaporkan Dana Desanya oleh masyarakat”.katanya.
Sebelumnya diberitakan, Wakil Bupati Kupang Jerry Manafe telah berkunjung ke Desa Kauniki dan menemukan sejumlah kejanggalan dalam pengelolaan dana desa.
Dalam kunjungan tersebut, Wabup Kupang didampingi oleh sejumlah pejabat termasuk dari Inspektorat Kabupaten Kupang.
Thom Polin mewakili kepala Inspektorat menyatakan untuk masalah desa Kauniki banyak yang tidak benar. “Kami telah membuat tim untuk pemeriksaan karena data-data yang didapat banyak yang tidak valid dan data-data tersebut akan diberikan ke kejaksaan untuk proses lebih lanjut”, ungkap Thom.(wr/ipong).