3.120 Ampul Vaksin Corona Tiba Di Kabupaten Kupang,Vaksin Perdana Untuk Forkopimda

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com
Kabupaten Kupang merupakan kabupaten pertama di NTT yang menerima Vaksin Corona sebanyak 3.120 ampul.Forum pimpinan Daerah atau Forkopimda menjadi peserta pertama yang divaksin oleh vaksinator covid 19.

Pelaksanaan vaksin akan berlangsung tanggal 14 januari karena pada tanggal 13 januari didahului oleh pemerintah pusat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dr Roberth Amheka kepada media ini, selasa, 12 Januari 2021.

Diterangkan Robert,Kabupaten Kupang merupakan Kabupaten perdana di NTT yang mengambil obat vaksin sinovac dan tiba digudang farmasi kabupaten Kupang pada pukul 13.30 wita,selasa, 12 januari 2021.

“Persiapan untuk simulasi itu Besok, Rabu (13/1) dan akan berlangsung di Puskesmas Oesao.Gelombang perdana yang akan disuntik vaksin itu ada 10 orang dari Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kupang diantaranya Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD kabupaten Kupang, Kapolres Kupang, Kajari Kabupaten Kupang, Kepala Pengadilan Kabupaten Kupang dan Dandim”

Pihak selanjutnya yang akan divaksin adalah para pimpinan Dinas kemudian diikuti oleh para tenaga kesehatan baik rumah sakit maupun puskesmas.Sedangkan masyarakat akan divaksin pada gelombang berikutnya.

“Pemda juga sudah siapkan tenaga vaksinator sebanyak 26 orang lebih.Saat ini para vaksinator dari tenaga medis dan paramedis sementara dilatih”Katanya.

Sementara Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Desemiyety Ngatriany mengatakan ada sekitar 1.600 tenaga kesehatan yang diprioritaskan untuk divaksin.

“Tenaga kesehatan (Nakes) Kabupaten Kupang yang akan divaksin seluruhnya ada 1.600 orang dan akan divaksin secara bergiliran diseluruh Puskesmas diwilayah Kabupaten Kupang”Ujar Yeti.

Sedangkan Direktur RSUD Naibonat dr.Erol Nenobais mengatakan untuk tenaga kesehatan dirumah Sakit Umum Naibonat terdapat 330 tenaga kesehatan yang namanya telah dikirim ke Dinas Kesehatan untuk divaksin.

Nakes yang namanya dikirim untuk divaksin terdiri dari dokter spesialis, dokter umum, bidan dan perawat.Sedangkan tahap kedua baru ditambah dengan yang lainnya.(Kenzo)