Dampak Badai Seroja,Ribuan Rumah  Di Kabupaten Kupang Roboh, 7  Korban jiwa, Bupati Relakan Gajinya Bantu Warga

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com-Bupati Kabupaten Kupang Korinus Masneno merelakan gajinya selama 4 bulan untuk bantu perbaiki rumah warga terdampak badai Seroja yang menghantam sebagian besar wilayah kabupaten Kupang pada tanggal 4-5 april 2021.

Ia mengaku sudah turun langsung melihat kondisi rumah warga yang roboh akibat banjir maupun angin di wilayah kupang Timur dan Kupang tengah.

Selain itu semua OPD sudah diperintahkan untuk mendata dampak bencana seroja disemua kecamatan diwilayah kabupaten Kupang.Satu OPD bertanggung jawab mendata satu kecamatan sejak,selasa,7 april 2021.

Oleh karena itu ia merelakan gajinya untuk dipakai memperbaiki rumah warga dengan menyiapkan bahan bangunan yang dibutuhkan warga sesuai laporan RT.Sambil menunggu bantuan pusat untuk kembali membangun rumah warga.

“Saya ambil keputusan,saya mencoba mencari seng 2000-3000 lembar dan saya berhubungan langsung dengan ketua RT untuk inventarisasi dan diperbaiki.Kalau butuh kayu dan paku, kita siapkan”Katanya.

Hal ini disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno diruang kerjanya,kamis,8 april 2021.

Pemkab juga sudah menyalurkan bantuan emergensi dibeberapa posko penampungan pengungsi,seperti di Taklale, Naibonat dan di gereja katolik Tarus,juga dibeberapa sekolah yang menjadi tempat penampungan pengungsi.Disertai dengan tenaga dokter untuk pelayanan kesehatan dibeberapa posko penampungan pengungsi.

Data sementara diwilayah kabupaten kupang ada 7 korban jiwa,di Kecamatan kupang tengah dan Kupang Timur sekitar 2000 rumah rusak,82 rumah hilang sementara kecamatan lain masih didata oleh OPD.

Binatang peliharaan warga juga sebagian besar dibawa banjir,sawah dikupang tengah dan Kupang Timur rusak serta jalan raya juga rusak akibat banjir dan badai.

Wilayah yang paling parah terkena badai seroja disebut Bupati Masneno,ada di kecamatan Kupang Timur,kecamatan kupang tengah, kecamatan Sulamu,dan kecamatan Amarasi.Sedangkan kecamatan lain juga terdampak hanya rusak ringan.(kenzo)