Yanuarius Mari ” Sosialisasi Arkas Dana Bos Sesuai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2021

oleh

Ende, Obor-nusantara.comTujuan sosialisasi penyusunan Arkas dan pelatihan bimbingan teknik terkait penulisan karya ilmiah sesuai dengan jukinis yang ada. dalam hal ini Permendikbud nomor 6 tahun 2021.

“Selain melakukan sosialisasi kita juga lakukan pendampingan terhadap bendara dan operator pengelolaan dana bos sebagai sekolah peserta sosialisasi itu ” Ungkap kepala Bidang SMP, Dinas P & K Kabupaten Ende, Yanuarius Mari kepada media ini di ruang kerjanya.(12-04- 2021)

Bila mana bendahara dan operator sekolah mengalami kesulitan dalam melakukan penginputan data rencana kerja anggaran sekolah. tim pengelola dana bos kabupaten dalam hal ini bidang teknis SMP langsung membantu mereka dengan tetap merujuk pada 12 komponen bos dan 8 standar nasional pendidikan.

“Jadi pembelajaan itu sesuai dengan kebutuhan sekolah, karena mereka yang tau lebih jelas kondisi dan kebutuhan sekolah. jadi saya tegaskan tidak ada intervensi sama sekali dari dinas kepada sekolah-sekolah soal pembelanjaan dengan tetap merujuk pada juknis. ”

Lanjut Mari bahwa terkait dengan informasi yang beredar di luar sana bahwa ada intervensi dari dinas terkait pelatihan dan bimtek karya ilmiah terhadap guru-guru itu tidak benar. dan semuanya itu adalah kewenangan guru-guru di tingkat rayon baik dari perencanaan maupun dari sisi anggaran.
mereka yang merencanakan dan kita hadir hanya sebagai narasumber saja.

“Mengapa kita lakukan kegiatan pelatihan dan bimtek ini, karena ini sangat penting terkait dengan penyerapan anggaran dana bos, karena berdasarkan data bahwa tahun kemarin ada delapan sekolah yang tidak bisa melakukan pencarian yang mengakibatkan silpa.sehingga kita mengambil langkah untuk melakukan kegiatan sosialisasi ini dengan harapan bahwa tahun ini tidak ada Silpa lagi.tegas Mari.

Sementara kepala sekolah SMPN Inepare Kecamatan Detukeli Damianus Modestus Du,S.Pd yang juga sekretaris rayon 10 marilongga saat di wawancara mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis pengelolaan dana bos tahun 2021 untuk SMP ini sangat terbantu. karena saat ini menejemen dana bos menggunakan sistem aplikasi yang semula RKA sekarang sudah dengan sistem aplikasi Arkas dan bos.

“Jadi dengan kegiatan bimbingan teknis langsung ini kami yang di sekolah-sekolah yang mengalami keterbatasan baik sumber daya sangat terbantu pak ”

Ketika di tanya terkait dengan informasi bahwa ada intervensi dari pihak dinas terhadap sekolah dengan tegas kepala sekolah SMPN Inepare Kecamatan Detukeli Damianus Modestus Du,S.Pd yang juga sekretaris rayon 10 marilongga mengatakan bahwa tidak ada intervensi terkait kegiatan sosialisasi ini dan ini murni kebutuhan sekolah-sekolah. “Baik dari sisi kegiatan maupun anggaran jadi pihak dinas hanya sebagai narasumber, jadi tidak ada intervensi sama sekali pak.(Rian)