Pemkab Kupang Siapkan Rp.1,7 Miiyar Untuk Pilkades Di 57 Desa

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com-Pemerintah kabupaten Kupang melalui APBD murni mengalokasikan anggaran sedikitnya  Rp. 1,7 Miliar untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Di 57 Desa di kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pelaksanaan Pilkades kali ini berlangsung serentak untuk 57 Desa di bulan november tahun ini.Hingga saat untuk sekitar 20 desa sudah memasuki tahap penjaringan bakal calon kepala Desa ditingkat Dusun.

Hal ini disampaikan kepala dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa(PMD) Kabupaten Kupang Charles Panie diruang kerjanya,Rabu,16 Juni 2021.

“Pemerintah kabupaten Kupang siapkan anggaran dari APBD murni sebesar Rp. 1,7 Miliar untuk pelaksanaan pilkades di 57 Desa diwilayah Kabupaten Kupang”Ujar Panie.

Anggaran tersebut digunakan untuk pelaksanaan tahapan pilkades, baik untuk panitia, operasional,surat suara, pengamanan serta pakaian untuk pelantikan bagi kepala desa terpilih.

Terkait polemik ijasah paket bagi para calon Kepala Desa, dirinya menjelaskan bahwa ijasah paket berlaku sebagai dokumen yang sah sesuai Peraturan Daerah menyatakan bahwa pendidikan formal atau Sederajat.

Dimana dirinya sudah berkoordinasi dengan kementrian dalam negeri yang mengurus tentang pilkades, menjelaskan bahwa sejauh dinas terkait mengeluarkan keterangan ijasah paket itu sah maka itu sah dan berlaku.

Atas dasar itu, dirinya sudah mendapatkan surat dari dinas pendidikan yang menjelaskan bahwa ijasah paket itu sah dan berlaku.Sehingga Dinas PMD sudah mengeluarkan edaran untuk mengakomodir calon yang berijasah paket B Atau Paket C.

Hingga saat ini,dari 57 desa sudah dibentuk panitia pilkades dan 20 desa sudah mendapatkan SK panitia Pilkades. Sedangkan yang lainnya menyusul.

Dirinya mewajibkan dalam setiap tahapan pilkades harus menerapkan protokol kesehatan,mengingat pilkades kali ini dilaksanakan dimasa pandemi covid 19.(kenzo)