Bupati Kupang Teken Perjanjian Kerjasama Advis Hukum Dengan Kejari Oelamasi

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com-“Atasnama Pemerintah Kabupaten Kupang, Bupati Kupang Korinus Masneno menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang yang telah bersedia menjadi mitra”

Hal tersebut disampaikan Bupati Kupang, dalam kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemkab Kupang dengan Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang, Senin 27 September 2021 bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Kab.Kupang di Oelamasi.

Mitra yang dimaksud berupa kerjasama tentang pemberian bantuan, penegakan hukum, pertimbangan hukum, tindakan hukum lainnya dan pelayanan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara.

Kerjasama ini diakui Masneno merupakan bukti sekaligus langkah nyata dari semangat saling memiliki antara Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Negeri, untuk bersama menghadirkan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang memenuhi asas kepastian hukum, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang tentang Pemerintahan Daerah.

Kerjasama ini juga disebutnya sebagai kerjasama lanjutan dari perjanjian kerjasama sebelumnya, yang secara administrasi telah berakhir jangka waktunya sejak tahun 2017 silam.

Jika pada kerjasama sebelumnya, obyek dan ruang lingkup kerjasama yang disepakati hanya pada bantuan dan pertimbangan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara, maka dalam kerjasama yang ditandatangani hari ini, disepakati perluasan ruang lingkup kerjasama yang turut meliputi, penegakan dan tindakan hukum dalam rangka optimalisasi pendapatan asli daerah dan pemulihan aset atau barang milik daerah.

“Dengan terlaksananya kerjasama ini, maka peran Kejaksaan sebagai pengacara negara akan lebih dioptimalkan, dalam pengadilan maupun diluar pengadilan, melalui surat kuasa khusus dari Pemkab Kupang kepada Jaksa pada Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang. Selain itu secara Kelembagaan akan terbuka ruang bagi Pemda, untuk dapat memperoleh pendapat hukum atau “legal opinion” dari kejaksaan, dalam pengambilan kebijakan dan keputusan yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,”urai Bupati Kupang.

Kepada perangkat daerah yang secara teknis akan melaksanakan kerjasama ini,Bupati berpesan aktif untuk memanfaatkan ruang koordinasi dan konsultasi yang telah dibuka.

“Sudah bukan masanya lagi untuk kita memandang Kejaksaan hanya dari kacamata penegakan dan penuntutan hukum. Kejaksaan saat ini juga telah menjadi mitra untuk bertindak di dalam maupun di luar pengadilan atasnama negara atau pemerintah, serta turut aktif dalam penyelenggaraan ketertiban dan ketentraman umum di tingkat pusat maupun daerah”Ujar Masneno.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Kab.Kupang, Ridwan Sujana Angsar,SH,MH menyatakan pentingnya duduk bersama, berbagi, saling mengingatkan, saling mendukung demi pembangunan Kabupaten Kupang menjadi maju dan sejahtera.

Melalui kerjasama ini, dirinya ungkapkan, agar tetap percayai Kejaksaan dalam memberikan bantuan hukum apapun bentuknya. Kebesaran hati kita untuk sama-sama buka ruang dengan saling berkoordinasi dan berbagi informasi dalam rangka pembangunan Kabupaten Kupang menjadi lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera.

Penandatanganan ini bukan sekadar seremonial belaka, tetap lakukan koordinasi dan kolaborasi bangun sinergitas,”tutur Kajari yang sangat bersahaja ini.

Dirinya juga berpesan kepada Kasie Datun, Kasie Intel dan jajaran Kejaksaan Negeri Kab.Kupang bersama Bagian Hukum dari Pemkab, agar melakukan kunjungan-kunjungan hukum ke desa-desa sebab lebih tepat sasaran.

“Kedepan tolong diagendakan kunjungan ke desa,”pintanya”.

Turut hadir asisten 1 dan 2 Sekda Kabupaten Kupang bersama jajaran pemkab Kupang diantaranya Bag. Hukum, Bag. Barang dan Jasa, Bag.Prokopim, Bag.Pemerintahan, RSKK, Inspektorat, Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan, kawasan Permukiman dan Pertanahan Kab.Kupang.(hms/kenzo)