Obet Laha Jadi Saksi Pelantikan Sekda Belu

oleh

Belu,obor-nusantara.com-Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM mengambil sumpah dan melantik Johanes Andres Prihatin, SE, M.Si menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Belu.P engambilan Sumpah dan Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Belu Nomor : BKPSDMD.820/373/KEP/IX/2021 Tanggal 30 September 2021 dilaksanakan di Gedung Wanita Betelalenok Atambua, Jumat (1/10/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha dan Sekda Kabupaten Malaka, Donatus Bere, SH dipercayakan sebagai saksi ASN serta Saksi Rohaniawan, Rm. Stefanus Boisala, Pr.

Pengambilan sumpah dan pelantikan yang dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan ini diawali dengan pembacaan SK Bupati Belu oleh Plt. Kepala BKPSDMD Kabupaten Belu, Andreas Bere Asa, S.Sos.

Dilanjutkan dengan pengukuhan oleh rohaniawan Katolik, penandatanganan berita acara, kata pelantikan oleh Bupati Belu dan serah terima jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Belu dari Pj. Sekda Belu, Frans Manafe, S.Pi kepada Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Belu menyampaikan setelah kurang lebih selama 1 (satu) tahun 9 (Sembilan) bulan sejak 1 Januari 2020, tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Belu dijalankan oleh Penjabat yang ditunjuk oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Hari ini saya melantik Sekretaris Daerah yang definitif, setelah melalui proses dan tahapan panjang, melalui dinamika yang memang dipersyaratkan oleh ketentuan,” ujar Bupati Belu.

Dengan hadirnya seorang Sekretaris Daerah yang definitif, Bupati berharap seluruh jajaran birokrasi sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat segera bergerak lebih cepat lagi, disemua lini untuk melaksanakan program dan kegiatan yang telah ditetapkan untuk mewujudkan Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetitif.

Tugas seorang Sekretaris Daerah sebagai pimpinan tertinggi birokrasi sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sangatlah strategis karena membantu Bupati dan Wakil Bupati untuk menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan seluruh tahapan pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif.

Ia juga berharap agar Sekretaris Daerah yang dilantik harus mampu menjadi contoh bagi seluruh ASN, sesuai kewenangannya dalam rangka penegakan disiplin, ketaatan terhadap seluruh peraturan perundang-undangan, peningkatan etos kerja, loyalitas, dedikasi dan prestasi yang ditunjukan melalui peningkatan kinerja berdasarkan proses yang terukur dan terstandar.

“Sekretaris Daerah harus mampu menjembatani komunikasi antara pimpinan daerah dengan pimpinan DPRD, responsif terhadap aspirasi dan kebutuhan masyarakat yang dituangkan dalam kebutuhan perencanaan program kerja pemerintah,” terangnya.

Tak lupa Bupati Belu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan tugas dan kewenangannya sehingga Kabupaten Belu saat ini telah memiliki seorang Sekretaris Daerah yang definitif.

“Terima kasih kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur, Panitia Seleksi, Tim Ahli dari unsur akademisi dan para assessor, Bupati Kabupaten Kupang dan Bupati Malaka serta Sekda Kabupaten Kupang dan Sekda Malaka,” ucapnya.

Diakhir sambutan, Bupati Belu atas nama pemerintah dan masyarakat menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pj. Sekda Belu yang dalam jabatannya sebagai Asisten Administrasi Pembangunan Sekda Belu, telah menjalankan tugas sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Belu selama kurang lebih 1 tahun.

“Saya rasa tugas ini, bukan tugas yang sederhana, saya memahami dan mengikuti dinamika ini, pekerjaan-pekerjaan dalam mendampingi kami dalam masa transisi, sampai pada hari ini. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi untuk Pak Frans Manafe. Semoga Tuhan membalas semua kerja dan pengabdian Saudara dengan ganjaran yang setimpal,” pungkasnya.

Usai pelantikan, Sekda Belu, Johanes Andes Prihatin kepada media menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah memberikan kepercayaan untuk mengemban tugas sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Belu.

“Tentu sebagai Sekda tugas-tugas yang akan saya laksanakan itu kompleks, tapi pointnya adalah membantu Bupati dan Wakil Bupati dalam merumuskan semua kebijakan program pelayanan kepada masyarakat, yang kedua melaksanakan koordinasi, administratif terhadap semua OPD demi berjalannya pelaksanaan pemerintahan daerah,” terang Sekda Belu.

Sekda Belu yang baru dilantik ini juga mengharapkan dukungan dari seluruh ASN dan masyarakat Kabupaten Belu dalam menjalankan tugas untuk bersama bahu membahu bekerja mewujudkan Belu yang sehat, berkarakter dan kompetitif,” ujarnya.

Hadir dalam acara Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM, Forkopimda Plus Kabupaten Belu, Para Asisten Sekda Belu, Pimpinan OPD, Kadis Kominfo Kabupaten TTU dan Malaka, Pimpinan Organisasi Wanita serta insan pers.(kenzo)