Pempus Bangun Jalan Ke Gunung Timau, Warga Ucapkan Terima Kasih

oleh

Kupang, obor-nusantara.com-Warga yang bermukim disekitar lokasi Gunung Timau Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyambut baik Upaya Pemerintah Pusat untuk membangun sarana dan prasarana transportasi jalan menuju Lokasi Observatorium di Gunung Timau. Bahkan warga menyampaikan limpah terima kasih kepada Pemerintah Karena telah memilih lokasi Gunung Timau sebagai tempat dibangunnya Peralatan Observatorium.

“Terima kasih banyak buat Bapak Gubernur, Bapa Bupati Kupang dan Pemerintah Pusat yang sudah membangun jalan di Daerah kami karena adanya bangunan sarana Observatorium di lokasi gunung Timau.”ujar salah seorang warga Amfoang Tengah, Kabupaten Kupang Jovan Tualaka saat ditemui di lokasi Proyek Pembangunan jalan akses ke Gunung Timau pada Selasa, 10 Nopember 2021.
Menurutnya, sebelum jalan menuju gunung Timau dibangun, warga yang bermukim.disekitar gunung Timau sangat kesulitan untuk bisa sampai ke Kota kecamatan dan Kabupaten di Oelamasi.
“Dulu jalan sebelum dibangun, kami cukup setengah mati bahkan sangat sulit untuk bepergian ke kota meski menggunakan sepeda motor.”katanya.


Dikatakan, untuk bepergian ke Ibu Kota Kecamatan yang hanya berjarak 30 kilo meter lebih harus ditempuh berjam-jam bahkan saat musim hujan terpaksa warga harus berjalan kaki jika ada keperluan penting.
“Kami dulu bisa berjam-jam kalau mau ke Amfoang Tengah Ke Amfoang Selatan karena kondisi jalan terlalu rusak kita jalan kaki kalau ada perlu penting ke Kota”.ungkap Jovan.
Sebelumnya menurut Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kupang melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Oepoli dan Poros, Frengky Simarmora saat di temui di Kupang pada Rabu, (03/11/2021) mengatakan, pada kontrak yang telah ditanda tangani untuk penanganan jalan akses ke gunung Timau sekitar 15 kilo meter lebih dengan nilai kontrak Rp 57 milyar lebih dengan waktu pelaksanaan 300 hari kalender.


“kontrak kita pada tanggal 01 Januari itu kini fisiknya sudah mencapai 95 persen dan kini tinggal pekerjaan perbaikan serta penunjang lainnya.’”papar Frengky.
Saat ini menurut Frengky, Kontraktor Pelaksana yakni PT. Hutama Mitra Nusantara tengah menyelesaikan pekerjaan Pengaspalan sepanjang 15 kilo meter dan dipastikan selesai pada Akhir Bulan Desember nanti.

Dikatakan, fisik Pekerjaan pertama sudah hampir rampung namun ada tambahan pekerjaan sehingga dilakukan Adendum kontrak hingga bulan Desember mendatang.
“untuk kontrak awal fisiknya saat ini sudah mencapai 95 persen tinggal perapian saja tetapi ada rencana fasilitas obsevatorium tiba di bulan november maka kita untuk sementara pekerjaan urukan pilihan (urpil) dulu sambil menunggu kepastian dana adendum..”tutup Frengky.(wr/red).