Julie Laiskodat Hadirkan PT. Pupuk Indonesia Di Kabupaten Kupang

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com-Dalam rangka kemandirian petani dalam peningkatan produktivitas dan pendapatan petani, PT. Pupuk Indonesia (Persero) hadir di Kabupaten Kupang khususnya di Kelurahan Tuatuka Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang pada Selasa 30/11/2021, bertempat di Gereja Glorya Tuatuka.

Kehadiran PT. PI tersebut, tak lepas dari perjuangan gigih tanpa lelah anggota Komisi IV DPR RI, Ny. Julie Sutrisno Laiskodat.

Hal tersebut diungkapkan Sevp Operasi Pemasaran Pupuk Indonesia, Gatoet G.Noegroho.

Dirinya akui bahwa berkat inisiatif Bunda Julie , PI dengan  siap melakukan pendekatan sosialisasi kepada petani di Kelurahan Tuatuka, melalui program Makmur yang merupakan agrosolusi pupuk Indonesia.

“Atensi istri sang Gubernur tersebut dalam memperjuangkan nasib petani, juga kondisi pupuk ke Pemerintah Pusat, selalu dengan pembuktian dan kerja nyata,”akuinya”.

Kiranya dengan sosialisasi dan bimbingan teknis yang dilaksanakan saat ini, dapat mengembangkan usaha pertanian dan menunjang produksi. Dirinya menambahkan bahwa model ekosistem program makmur didukung penuh oleh lembaga permodalan, project leader, agro input, teknologi pertanian, offtaker (pembelian hasil panen), ada asuransinya serta tak lepas dari perhatian Pemerintah Daerah.

Sementara itu Bupati Kupang Korinus Masneno menyampaikan bahwa terus membangun koordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk mengatasi masalah pembiayaan, dan pihak distributor pupuk demi mengatasi kelangkaan pupuk ketika musim tanam tiba.

“Bagi petani, pupuk merupakan sesuatu yang sangat berarti disaat musim tanam tiba. Namun persoalan kelangkaan pupuk yang dihadapi petani terletak pada modal usaha”ujar Bupati.

Untuk itu kegiatan hari ini sangat disyukuri Bupati Kupang agar dapat memberikan pengetahuan yang komprehensif dengan pemupukan dan bantuan modal usaha yang representatif.

Apresiasi diberikan Bupati kepada Ny.Julie Laiskodat melalui PT.PI serta kesekian kalinya Julie Laiskodat mengunjungi Kabupaten Kupang.Hal ini diakuinya sebagai bukti konkret kecintaan istri Gubernur untuk masyarakat Kabupaten Kupang.

Beliau juga ucapkan terima kasih atas program stimulus produk pupuk non subsidi yang diberikan Julie Laiskodat senilai 100 juta kepada koperasi pemuda milenial Kelurahan Tuatuka. Bupati berharap apa yang diterima, mampu dikelola secara baik dan mandiri.

“Jika bisa mandiri, kelak pasti sejahtera dan kalau sudah bangkit, yakinlah pasti akan maju”Ujar Masneno.

Senada disampaikan Anggota DPR RI Julie Laiskodat, ia menegaskan koperasi pemuda milenial mampu kelola modal yang diberikan secara tepat sasaran dan tepat guna.

Terkait program makmur, Julie inginkan petani-petani NTT bergerak sesuai etos kerja, sehingga dapat memulihkan perekonomian petani menjadi lebih sejahtera.

Mental-mental petani yang selalu menggantungkan harapan hanya pada Pemerintah, upayakan ditiadakan. Dan petani jangan hanya berharap akan persediaan pupuk subsidi sebab banyak aturannya.

Penggunaan pupuk non subsidi jauh lebih baik. Peran anggota DPR RI partai Nasdem tersebut dirasakan sangat membantu masyarakat terlebih khusus petani.

Menurutnya, 90% masyarakat NTT yang adalah petani, harus menujukkan kemandiriannya. Dan Kelurahan Tuatuka harus menjadi pilot project bagi yang lain, untuk melaksanakan studi banding ke tempat ini.

Kepada Koperasi penerima bantuan, Julie berpesan agar petakkan kebutuhan pupuk sehingga dapat dinikmati bersama dan memperoleh keuntungan.

“Dari keuntungan tersebut bisa dipergunakan berkelanjutan sedangkan modalnya tidak boleh habis digunakan, serta pengurus koperasi ini tidak boleh saling ribut,”pintanya”.

Sukseskan program makmur, adapun permodalan yang ditawarkan, ketepatan distribusi pupuk, jaminan supply dan kualitas pupuk. Para peserta Bimtek, Julie berpesan ikuti secara serius materi yang diberikan, agar dapat memperbaiki peningkatan produktivitas maupun pendapatan petani.

Acara ini turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kab.Kupang, Ny.Damaris Masneno Mooy, Waket I DPRD Kab.Kupang, Sofia Malelak De Haan, Perwakilan Dinas Pertanian Prov.NTT, Perwira Penghubung Kodim 1604/Kupang, perwakilan Kapolres Kupang, para Kelompok Tani Kelurahan Tuatuka, serta undangan lainnya.(hms/kenzo)