Olah Lahan Persawahan Di Kolidoki, Pemkab Kupang Turunkan 7 Tractor

oleh

Oelamasi,obor-nusantara.com-Dalam mendukung revolusi 5P, Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melaksanakan kegiatan pengolahan lahan serentak memasuki musim tanam 2022, di lokasi persawahan Kuledoki Desa Manusak Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang, Rabu 12/2/2022.

Kegiatan olah lahan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Kupang Korinus Masneno, didampingi Wakil Ketua I DPRD Kab.Kupang, Sofia Malelak De Haan, Dandim 1604/Kupang, Iqbal Lubis, Kajari Kabupaten Kupang, Ridwan Sujana Angsar, Kepala BPTP NTT, Aset Rouw, Asisten 2 Sekda Kab.Kupang, Mesak ElFeto, Kapolres Kupang yang diwakilkan Kapolsek Kupang Timur, Kades Manusak, masyarakat petani serta undangan lainnya.

Arthur Ximenes selaku Kepala Desa Manusak menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati bersama Forkopimda Kabupaten Kupang ke lokasi persawahan Kuledoki, dalam rangka memasuki musim tanam 2022 pada lahan seluas 100 hektar.

Kades Ximenes berharap traktor bantuan Distan Kabupaten Kupang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, hingga waktu yang belum dapat dipastikan oleh dirinya, kapan dapat diambil atau dikembalikan traktor tersebut ke Dinas.

Atas pernyataan Kades tersebut, Bupati Korinus Masneno berpesan, traktor berjumlah 7 unit yang tersedia, bisa segeranya dimanfaatkan.

“Harus kerja cepat, sebab masih banyak petani desa lainnya, yang membutuhkan traktor. Sementara untuk Dinas, jangan begitu dirinya balik dari lokasi ini, traktornya langsung diambil pulang. Biarkan masyarakat petani memanfaatkan dulu alatnya,”tekan Bupati”

Oleh karena itu dirinya menyampaikan bahwa,  petani patut mensyukuri karena tahun ini diberikan hujan lebih awal. Berbekal semuanya itu, bergeraklah dan buktikan dengan karya nyata.

Jika temui kendala, sampaikanlah dan jangan teriaknya ke orang lain. Segala kekurangan, keterbatasan bisa dicarikan solusi, bila disampaikan secara baik.

Ia juga berpesan agar membangun komunikasi dan kerjasama yang baik antar Kades, tenaga penyuluh pertanian lapangan (PPL), masyarakat petani dan semua elemen, untuk mendukung pertanian di Kabupaten Kupang.

Disampaikannya pula bahwa tahun ini akan dibangun jalan menuju lokasi persawahan kuledoki.

Kegiatan pengolahan lahan serentak tahun ini ditandai dengan demonstrasi pengolahan lahan dan menjalankan traktor disekitar lokasi tanam padi oleh Bupati Kupang dan Forkopimda

Tak lupa Bupati Kupang terus mengingatkan masyarakatnya untuk tidak mengabaikan vaksinasi. Bagi yang belum vaksin, Bupati ingatkan untuk segeranya vaksin. Vaksin bukan untuk kepentingan pemerintah, sadarilah bahwa kesehatan itu modal utama dalam menjalani hari dan segala aktivitas.(hms/kenzo)