Terus Merias Diri,Teres Bakal Jadi Wisata Pantai Terindah Di selatan Pulau Timor

oleh

Kupang,obor-nusantara.com-Ibarat seorang gadis cantik yang senantiasa merias diri,pantai wisata teres diselatan pulau Timor bakal menjadi destinasi yang indah dipandang.

Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Kupang propinsi NTT untuk memoles paras wisata pantai Teres yang terletak di Desa Buraen, Kecamatan Amarasi Selatan.

Keindahan pantai ini tak diragukan lagi dan tak kalah menarik dari keindahan wisata pantai lainnya di indonesia .

Namun apalah artinya panorama alam yang indah jika tidak ditata dan dikelola secara baik untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan.

Atas dasar itulah,pemerintah kabupaten kupang dibawah kepemimpinan Korinus Masneno sudah membangun infrastruktur jalan hotmix,saluran irigasi,lampu jalan serta fasilitas lain ditempat ini.

Aula Lopo besar, panggung Out Door ditepi pantai, taman bunga bougenvil, lopo-lopo bersantai, water misison, kolam renang, kolam pemancingan ikan serta penerangan mumpuni juga telah dibangun melengkapi destinasi unggulan di Kabupaten Kupang ini.

Bukan hanya itu,teropong yang dipesan dari selandia baru juga bakal menghiasi puncak gunung Fatubraun memanjakan para wisatawan.

“Dari ketinggian inilah,pengunjung bisa melihat keindahan keseluruhan pantai yang menyerupai anjungan kapal yang  berlabuh”

Gunung Fatubraun yang berada sekitar 2 km dari bentangan pantai Teres, sangat tepat dijadikan arena berkemah dan Hiking memberi sensasi yang tiada tara.

Jalan menuju puncak Gunung ini pun telah dibuatkan anak tangga sebagai akses mendaki ke puncak fatubraon.

Tak hanya sampai disitu,lopo dipuncak gunung sebagai wahana melepas lelah sambil memandang bentangan pantai selatan pulau timor juga telah dibangun.

Fasilitas ini menambah keindahan Pantai Teres yang memiliki pasir dan bebatuan putih,air yang jernih dengan ombak yang tenang ditambah lagi memiliki beberapa teluk yang eksotis di pinggiran Pantai.

Menambah daya pikat Pantai yang berjarak 55 kilometer dari Kota Kupang ini,disepanjang perjalanan  disuguhi keindahan alam pegunungan yang membentang

Pada satu kesempatan,Bupati Kupang Korinus Masneno mengungkapkan bahwa pengembangan destinasi wisata pantai Teres dan Fatubraon ditargetkan selesai tahun 2022 dan akan segera diresmikan diakhir tahun ini.

Diakuinya,penataan wisata unggulan di Kabupaten kupang ini menggunakan APBD tahun anggaran 2020 dengan total anggaran sebesar 49 miliar.

Yang menarik dari pengembangan mega proyek wisata pantai teres,Masneno menjelaskan pemerintah melibatkan masyarakat setempat secara swadaya dalam pembangunan berbagai fasilitas ditempat ini.

“Contoh lopo 1 unit jika di proyekan harganya sekitar 75 juta namun dikerjakan masyarakat hanya 25 juta”Tandas orang nomor satu d Kabupaten Kupang.(advertorial/kenzo)